Menjamu Ramadhan Dengan Jamuan Terbaik

Bagikan Artikel Ini Jika Bermanfaat
Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on email
Email
Kita butuh waktu untuk menghapus kesalahan dan kelalaian kita kepada Allah selama ini. Ramadhanlah saat nya. Jangan sia siakan kehadirannya.Berikan jamuan terbaik kita untuk-NYA.

Allah, Rabb yang maha pengasih dan penyayang telah mengaruniakan sebuah bulan yang sangat mulia dan spesial buat kita yaitu Ramadhan. Bulan dimana para salaf sangat merindukannya. Bahkan 6 bulan sebelum datangnya Ramadhan, mereka sudah berdoa kepada Allah agar dipertemukan dengan bulan suci Ramadhan. Bulan ramadhan sejatinya adalah bengkel iman buat kita untuk memperbaiki keimanan dan mengganti ketaqwaan yang sudah sangat rapuh untuk melanjutkan 11 bulan perjalanan. Ibaratnya seorang yang akan safar dengan menggunakan mobil pribadinya, sang pemilik kendaraan akan memasukkan mobilnya ke bengkel terlebih dulu untuk memastikan kesiapan dalam melakukan perjalanan.

Namun, dengan kemuliaan Ramadhan tabiat manusia dalam menghadapinya berbeda-beda.

Tingkatan Pertama

adalah mereka yang menganggap Ramadhan hanya sesuatu yang biasa-biasa saja. Sama dengan bulan yang lain. Sehingga dengan datangnya bulan suci Ramadhan orang-orang dalam tingkatan ini tidak ada pengagungan sedikit pun. Sangat banyak kita dapatkan begitu banyak orang-orang yang tetap memamerkan makan dan minum disaat sebagian berpuasa. Saat adzan berkumandang sama saja dengan bulan lain, mereka enggan bangkit memenuhi panggilanNya

Tingkatan Kedua

adalah mereka yang menganggap Ramadhan sekadar rutinitas saja. Orang orang dalam tingkatan ini adalah mereka yang ketika datang bulan suci Ramadhan ikut berpuasa namun tidak mempuasakan hawa nafsunya. Puasa tapi berbohong, puasa tapi tetap marah, puasa tapi tetap bergosip  adalah contoh orang orang yang masuk dalam golongan ini.

Tingkatan Ketiga

Berada ditingkatan manakah kita ?  Semoga tidak berada di tingkatan pertama dan kedua. Kaum muslimin yang beriman selayaknya menjadi hamba-hamba yang senantiasa memiliki harapan yang tinggi dalam memaknai bulan suci Ramadhan. Ia harus menjamu Ramadhan dengan jamuan terbaiknya agar Ramadhan tak berlalu tanpa arti . Oleh karena itu hal yang sebaiknya dilakukan oleh seorang muslim dengan datangnya bulan Ramadhan adalah :

Mengenali Keutamaannya

Mengenali keutamaan Ramadhan akan membawa kita pada kesadaran akan nikmat Allah Ta’ala yang telah memberikan kesempatan kepada kita berjumpa dengan Ramadhan yang di dalamnya pahala dilipat gandakan, dosa terhapuskan, doa terijabah dan malam Lailatul Qadr yang sebanding dengan seribu bulan. Pengagungan akan nikmat Allah ini menjadikan kita bersemangat  menjalankan ibadah ibadah ramadhan.

Buat Visi Ramadhan

Muslim  terbaik adalah yang harinya hari ini lebih baik dari hari kemarin. Maka mari jadikan ramadhan kita kali ini adalah ramadhan yang berkualitas. Tulislah visi yang kita ingin capai di ramadhan tahun ini.

Memperbanyak Do’a

– Berdoalah agar kita bisa menahan nafsu saat berpuasa .
– Berdoalah agar Allah menguatkan kaki-kaki kita dalam menunaikan Qiyamullail tarawih full di masjid.
– Berdoalah agar tadarrus kita bisa khatam 30 juz.
– Berdoalah pada Allah agar kita bisa on time shalat fardhu.
– Berdoalah agar kita mendapatkan malam Lailatul Qadr .
– Doa adalah senjata kaum muslimin. Perbanyaklah doa agar Allah memberikan kita taufik agar bisa beribadah dengan ibadah yang berkualitas di bulan Ramadhan. Tanpa taufik dari Allah kita tak mampu berbuat apa apa.

Buat Target

Target target amaliah Ramadhan yang kita tempel di tembok rumah akan banyak membantu kita untuk menjamu Ramadhan dengan jamuan terbaik. Tempel, ceklist dan muhasabalah tiap hari. Berikut ini adalah contoh tabel target Ramadhan :

NoTarget RamadhanHari 1Hari 2 Hari 3 Hari 4 Hari 5 Hari 6 Hari 7 Hari 8 Hari 9 Hari 10 Hari 11 Hari 12
1Shaum Ramadhan
2Tarawih Full
3Tadarrus Maksimal 2 Juz
4Shalat Witir Full
5Sholat Tahajjud Full
6Sedekah Tiap Hari
7Membaca Terjemahan 30 Juz
8Shalat Dhuha Tiap Hari
9Shalat Sunnah Rawatib (Minimal 8 Rakaat)
10Dzikir Pagi & Petang
11Membaca Buku
12Berdoa Setiap Selesai Shalat Fardhu

Kenali Penghalangnya

Banyak hal yang bisa memalingkan kita dari melalaikan ramadhan. Perlu kita kenali agar kita terhindar darinya. Berselancar di Social Media  yang berlebihan bisa mengurangi waktu kita dalam tadarrus Al-Qur’an, pasar dan mall-mall telah mencuri waktu kita untuk bisa bertenaga dalam menegakkan Qiyamullail acara TV yang mempesona bisa menghalangi kita untuk menahan pandangan dan rasa malas akan membuat kita menjalani ramadhan hanya sebatas rutinitas saja.  Hari hari ramadhan akan terus berlalu meninggalkan kita. Kita butuh waktu untuk menghapus kesalahan dan kelalaian kita kepada Allah. Ramadhanlah saat nya. Jangan sia-siakan kehadirannya. Semoga Allah memberi kepada kita semua taufiknya dalam memaknai hari hari ramadhan.

Baca Artikel Lainnya

Pentingnya pelukan hangat Ayah Bunda

Pentingnya Pelukan Hangat Ayah Bunda

TKIT Al Fatih Makassar menggelar Parenting bersama keluarga besar TKIT Al Fatih Makassar, Sabtu (2/1). Bertempat di aula TKIT Al Fatih Makassar,

Subscribe to our Newsletter

Dapatkan beragam artikel inspirasi, info kegiatan dan agenda sekolah kami  langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan raih kesuksesan bersama kami!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×

Ahlan Wa Sahlan

di SIT Al Fatih Makassar! Silakan chat dengan Customer Assistance Officer kami untuk memulai obrolan. Anda juga bisa meninggalkan pesan di email kami

info@alfatihmakassar.sch.id

× Dapatkan Informasi Disini
Scroll to Top

Menerima Peserta Didik Baru 2019/2020

Sekolah Islam Terpadu Al Fatih Kembali Membuka Penerimaan Peserta Didik Baru Untuk Tahun Ajaran 2019/2020. Bergabunglah Bersama Kami dan Daftarkan Segera Putra-Putri Anda