Tentang Penulis

Our Tweet

Al Fatih Participation of Skype-a-Thon Indonesia 2018 live from Singapore

Bagikan Artikel Ini Jika Bermanfaat
Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on email
Email

Kamis, 15 Maret 2018 sebanyak 20 orang siswa SMP IT Al Fatih Makassar bersama dua orang guru pendamping mengikuti Acara Puncak Skype-a-Thon Indonesia 2018. Acara puncak ini berkolaborasi serentak secara virtual menggunakan Skype yang menghubungkan seluruh partisipan yang terlibat dalam kegiatan ini. Berdasarkan informasi dari PT Microsoft Indonesia kegiatan ini melibatkan sekitar 80 sekolah di Indonesia yang tersebar dari Provinsi Aceh hingga Papua dan 1 sekolah Indonesia di luar negeri (Malaysia) yaitu Sekolah Indonesia Kota Kinabalu.

Kegiatan Skype-a-Thon yang diikuti telah berlangsung sejak 5 Maret lalu dengan agenda pra kegiatan berupa pembuatan landmark bangunan khas Makassar  dengan menggunakan Minecraft Education Edition. Sebanyak 5 karya yang menjadi pilihan siswa dalam pembuatan landmark yaitu yaitu Rumah Adat Toraja, Monumen Mandala, Pantai Losari, Benteng Somba Opu dan Stadion Andi Mattalata.

Mereka sangat bersemangat dalam mengikuti kegiatan ini yang terlihat dari antusias mereka menyelesaikan proyek landmark nya meskipun pada saat itu bertepatan dengan jadwal pelaksanaan ujian tengah semester, ujar Wakasis SMP IT Al Fatih.

Jadi mereka punya waktu sekitar 2 jam setiap harinya dari pukul 2 hingga pukul 4 sore untuk menyelesaikan proyek landmark nya, tambah Ustadzah Ika.

Siswa tidak mengalami kendala yang berarti dalam menyelesaikan projeknya dikarenakan mereka telah menggunakan game Minecraft sebelumnya, bedanya kali ini mereka gunakan Minecraft Education Edition yang disediakan oleh pihak Microsoft, kata salah satu guru pendamping.

Guru pendamping, Ika Puspita mengatakan bahwa membuat landmark dengan Minecraft Education Edition menjadikan games yang dilakukan siswa bukan sekadar kesenangan belaka dan membuang-buang waktu, tetapi melalui games ini dapat memicu daya imajinasi dan kreativitas siswa dalam merancang bangunan yang diinginkan siswa, jelasnya.

Kegiatan puncak yang berlangsung di Studio Komputer Al Fatih diawali dengan pemberian arahan dari guru pendamping, selanjutnya setiap kelompok diberikan kesempatan untuk mempresentasikan landmark yang telah dibuatnya. Setelah itu, siswa-siswi menyaksikan beberapa agenda dalam acara puncak diantaranya penampilan tarian dari SMA Negeri 1 Nurul Salam Provinsi Aceh dan SMKN 1 Fakfak Papua Barat, pemberian quiz online serta inspiration session dari guru inovatif Microsoft perwakilan Indonesia dalam ajang pertemuan internasional Educator Experts di Singapore. Agenda tersebut disaksikan langsung oleh siswa-siswi via Skype Instant Messaging (IM) yang terhubung dengan seluruh partisipan kegiatan.

Semoga berpartisipasinya SMP IT Al Fatih Makassar dalam kegiatan Skype-a-Thon Indonesia 2018 menjadi bentuk nyata dalam menyambut tren pendidikan global di era digital.

 

Baca Artikel Lainnya

penuntut ilmu

Jiwa Semangat Seorang Pembelajar

Semua manusia sepakat bahwa ilmu sangat penting bagi manusia. Baik ilmu dunia maupun ilmu agama, karena ilmu bisa meningkatkan derajat manusia Allah

Subscribe to our Newsletter

Dapatkan beragam artikel inspirasi, info kegiatan dan agenda sekolah kami  langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan raih kesuksesan bersama kami!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top