Eratkan Ukhuwah, SMA IT Al Fatih Gelar Outbond Taruna Muslim Camp

Yuk Bagikan Tulisan Ini

Share on facebook
Share on pinterest
Share on twitter
Share on email
Share on whatsapp
Share on telegram

Taruna Muslim Camp 2018

Tawa bahagia 17 siswa-siswi SMA IT Al Fatih saat pertama kali menginjakkan kaki di desa Lembanna, Malino dalam rangka kegiatan Taruna Muslim Camp 2018 SMA IT Al Fatih Makassar. Selama tiga hari (14-16/12) siswa-siswi SMA IT Al Fatih camping di hutan pinus desa Lembanna yang bertujuan untuk mengenalkan dan menanamkan nilai-nilai Taruna Muslim Al Fatih. Walaupun sudah memasuki musim hujan, semangat kami tidak luntur oleh air hujan yang turun sesekali. Selain hujan, udara di lokasi camping sangat sejuk dan dingin, kabut pun setiap saat menghampiri.

Selama tiga hari guru dan siswa camping di hutan pinus dan melaksanakan beberapa item kegiatan diantaranya, tahfidz camp, kultum, adventure, games, cooking contest, dan photo contest. Selama kegiatan berlangsung, siswa-siswi diajarkan untuk hidup mandiri dan berhemat. Mereka menyiapkan makanan dan membangun tenda sendiri.

Hari pertama kami tiba pukul 13.30 WITA di penginapan rumah salah satu warga yang sudah jauh hari kami sewa. Kegiatan hari itu dimulai dengan pemberian ID Card dan nama lapangan kepada semua peserta. Lepas istirahat dan mengecek perlengkapan kelompok, setiap kelompok dibagikan bahan makanan oleh panitia sebagai bekal hidup mereka selama berada di lokasi camp. Menjelang magrib, semua bersiap-siap ke masjid dan menunaikan shalat magrib. Lepas shalat magrib, salah satu siswa yakni Syamsir menyampaikan kultum yang berjudul “Keutamaan menuntut ilmu”, dilanjutkan dengan kegiatan tahfidz hingga memasuki waktu shalat isya. Malam hari kami menuju ke hutan pinus dan membangun tenda di lokasi yang telah kami tentukan.

Hari kedua, di bawah rerintihan hujan kami melaksanakan shalat subuh berjamaah. Matahari mulai terbit di ufuk timur kami bersiap-siap memasak makanan untuk sarapan, dilanjutkan dengan photo contest dengan tema nature and humanity. Siang hari sebelum memulai adventure kami melaksanakan tiga games yakni play roll, kereta api, dan estafet terigu. Adventure pun di mulai dengan mendaki gunung hingga ke telaga binanga. Terdapat tiga pos yang harus mereka lalui disetiap pos terdapat bendera warna biru, orange dan hijau. Di pos terakhir mereka harus mencari bola yang di dalamnya terdapat penjabaran Taruna Muslim. Lepas mereka menemukan bola tersebut mereka harus menghafalkan dan memahami makna dari Taruna Muslim.

Irham Ahmad Abdullah (Jati)

“Seru, penuh dengan kebersamaan. Tidak semua kompak tapi mampu diandalkan pengertian satu sama lain”

 Hari ketiga kami bersiap-siap kembali ke Makassar, sebelum kembali kami melakukan acara penutupan dengan memberikan reward kepada setiap kelompok dan individu yang memenuhi kriteria. Diakhir kegiatan setiap peserta diberikan slayer Taruna tanda bahwa mereka resmi menjadi Taruna Muslim Muslim SMA IT Al Fatih Makassar.

Figlia Hanifah (Asoka)

“Awalnya saya mengira bakalan tidak seru karena banyaknya peraturan tapi sampainya disana alhamdulillah tidak kecewa pergi. Cantik, indah, seru dan banyak pengalaman”


dwiyana

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Subscribe To Our Newsletter

Get updates and learn from the best

Artikel Lainnya

Parent-Teacher Conference (PTC) SMP SMA IT Al Fatih Makassar “Membangun Sinergi untuk Membentuk Generasi Unggul Mulai dari Keluarga Qur’ani”
Kabar SMA

Membangun Sinergi untuk Membentuk Generasi Unggul Mulai dari Keluarga Qur’ani

Memasuki semester genap tahun ajaran 2020/2021 dalam rangka menjalin dan meningkatkan silaturahmi antara pihak sekolah, orang tua, dan  Ananda di tengah pandemi Covid-19, SMP SMA IT Al Fatih Makassar menggelar pertemuan orang tua yang disebut  Parent-Teacher Conference  (PTC).  Pertemuan ini diadakan pada Sabtu, 23 Januari 2021 dengan tema “Membangun Sinergi untuk Membentuk Generasi Unggul Mulai

Anies Baswedan
Blog Guru

Hari Guru: Ketua Yayasan Muhammad Al Fatih Makassar Bertemu dengan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan

Ketua yayasan Muhamamad Al Fatih, Peni Setyowati hari ini (Rabu/25/11/20) bertemu dengan mantan Menteri Pendidikan, Anies Baswedan. Pertemuan hari ini mendiskusikan tentang pendidikan. Dalam pertemuan tersebut, Ketua Yayasan Muhammad Al Fatih menyampaikan salah satu pondasi utama SIT Al Fatih dalam mendidik adalah care. Anies Baswedan dalam diskusinya juga menyatakan rasa kepeduliannya dengan pendidikan di Indonesia.

Ber-Ikhtiar mempersiapkan diri secara dini dan holistik di Sekolah Islam Terpadu Al Fatih

Pendaftaran Peserta Didik Baru Online

Sekolah Islam Terpadu Al Fatih Makassar jenjang Daycare-TK-SD-SMP-SMA kembali membuka Penerimaan Peserta Didik Baru untuk tahun 2021/2022 mulai Bulan November 2020 hingga Mei 2021

Foto Kalender TKIT Al Fatih
Scroll to Top
×

Ahlan Wa Sahlan

di SIT Al Fatih Makassar! Silakan chat dengan Customer Assistance Officer kami untuk memulai obrolan. Anda juga bisa meninggalkan pesan di email kami

info@alfatihmakassar.sch.id

× Kontak Kami