Tentang Penulis

Our Tweet

Ikhlas Pintu Dari Semua Masalah

Bagikan Artikel Ini Jika Bermanfaat
Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on email
Email

Ketika masalah menghimpitmu dari semua sisi hanya ikhlas pintunya.

Alkisah, seekor rusa betina sedang hamil tua. Ketika mendekati detik-detik kelahirannya, rusa ini pergi kesuatu tempat yang jauh disisi hutan yang berdekatan dengan sungai. Tiba-tiba sesuatu yang tidak ia bayangkan terjadi! Terdengar suara gemuruh dari langit dan tiba-tiba tampak kilat yang menyambar ke permukaan bumi. Hutan kering ini terbakar dahsyat karena percikan api dari petir tersebut. Ketika rusa ini menoleh ke kiri tampak olehnya seorang pemburu telah siap melesatkan anak panah kearahnya. Saat ia menoleh ke kanan ia pun terkejut melihat seekor singa lapar yang siap menerkamnya. Maka tiada pilihan bagi rusa ini selain :

  1. Mati dimangsa Singa
  2. Mati terkena panah
  3. Mati terbakar
  4. Atau mati tenggelam karena melompat ke sungai

Bahaya mengancam dari berbagai penjuru, dan tidak ada lagi kesempatan untuk berlari.

Lalu apa yang harus ia lakukan?

Bersedih dan merintih? Menangis dan menjerit? Atau ia harus berlari sementara kondisinya begitu lemah, atau menyerah pada keadaan?

Rusa pun pasrah. Dia hanya fokus untuk melahirkan bayinya. Lalu apa yang terjadi? Kilat-kilat yang menyambar mengganggu pandangan si pemburu. Akhirnya panah yang dilesatkan pun meleset dan mengenai si singa lapar. Singa malang itu mati seketika. Tiba-tiba hujan datang begitu deras dan memadamkan kebakaran di hutan tersebut. Rusa pun melahirkan dengan selamat.

Belajar Dari Seekor Rusa

Pelajaran penting dari kisah ini adalah :

Mungkin engkau pernah mengalami kondisi seperti rusa ini, segala kesulitan menyerbu engkau dari segala arah. Masalah datang bertubi-tubi seakan tak memberimu kesempatan untuk bernafas lega. Masalah di tempat kerja, masalah di dalam rumah, masalah di jalan, masalah dengan anak-anak kita semuanya datang bersamaan. Seakan kau tak bisa lagi berbuat apa-apa. Lalu apa yang harus kamu lakukan? Jadilah seperti rusa. Ikhlaslah, biarkan semuanya berjalan apa adanya.

Lakukan sesuatu yang mampu kamu lakukan!

Lalu tinggalkan sisanya, karena disana ada Tuhan yang mengatur jalan kehidupanmu. Jika semua yang kita kehendaki terus kita miliki, darimana kita belajar ikhlas? Jika semua yang kita impikan segera terwujud, darimana kita belajar sabar? Jika setiap doa kita terus dikabulkan, bagaimana kita dapat belajar ikhtiar?

Mungkin saja dengan keinginan ego kita yang banyak itu hanya akan membuat kita celaka melalaikan kita dari-NYA, menjauhkan kita dari-NYA.

Lepaskan sejenak egomu.

Karena tangan yang menggenggam tidak akan bisa menerima sesuatu yang baru. Bersabarlah!!! Seorang yang dekat dengan Allah, bukan berarti tidak ada air mata. Seorang yang taat pada Allah, bukan berarti tidak ada kekurangan. Seorang yang tekun berdoa, bukan berarti tidak ada masa-masa sulit. Biarlah Allah yang berdaulat sepenuhnya atas hidup kita, karena Allah tahu yang tepat untuk memberikan yang terbaik.

Ketika kerjamu tidak dihargai, maka saat itu kita sedang belajar tentang keikhlasan. Ketika usahamu dinilai tidak penting, maka saat itu kita sedang belajar tentang kesabaran. Ketika hati terluka sangat dalam, maka saat itu kita sedang belajar tentang memaafkan. Ketika lelah dan merasa kecewa, maka saat itu kita sedang belajar tentang kesungguhan. Ketika merasa sepi dan sendiri, maka saat itu kita sedang belajar tentang ketangguhan.

beribadah kepada Allah

Tetap semangat!

Jaga keikhlasan! Tetap sabar! Tetap tersenyum! Karena kita sedang menimba ilmu kehidupan. Allah menempatkan kita ditempat yang sekarang, bukan karena kebetulan. Orang yang hebat tidak dihasilkan melalui kemudahan, kesenangan dan kenyamanan. Mereka dibentuk melalui kesukaran, tantangan dan air mata.

Karena hakekatnya kesabaran itu tak berbatas, namun yang berbatas itu adalah kemampuan orang dalam mengontrol emosinya sendiri. Yaa Rabb, kuatkan kami yang lemah ini untuk istiqomah dijalanmu hingga maut menjemput dan semoga Tuhan mengaruniai sabar yang tidak terbatas dan ikhlas yang tidak bertepi untuk kita semua..

Aamiin~

Baca Artikel Lainnya

Ikhlas Pintu Dari Semua Masalah

Ikhlas Pintu Dari Semua Masalah

Ketika masalah menghimpitmu dari semua sisi hanya ikhlas pintunya. Alkisah, seekor rusa betina sedang hamil tua. Ketika mendekati detik-detik kelahirannya, rusa ini

Subscribe to our Newsletter

Dapatkan beragam artikel inspirasi, info kegiatan dan agenda sekolah kami  langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan raih kesuksesan bersama kami!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top