Tentang Penulis

Our Tweet

Mereka Istimewa

Bagikan Artikel Ini Jika Bermanfaat
Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on email
Email

Anak Berkebutuhan Khusus atau biasa disebut ABK merupakan anak-anak yang terlahir disertai perbedaan (kelainan) jika dibandingkan dengan anak-anak normal pada umumnya. Mereka bisa berbeda secara fisik, mental, intelektual, maupun emosionalnya. Karena perbedaannya/keistimewaannya itulah maka anak-anak tersebut harus mendapat perlakuan secara khusus pula termasuk dalam pembelajarannya. Jenis dari anak ABK itu banyak sekali ada autis, anak berbakat dan sebagainya.

Banyak orang sering mengatakan anak kebutuhan khusus itu banyak kekurangannya  tetapi menurut pribadi saya, anak kebutuhan khusus itu sama saja dengan anak lainnya karena yang membedakan hanya pra aktif dan konsentrasinya yang kurang. Maka anak kebutuhan khusus / istimewa itu beda cara proses belajar. Anak yang sering dikatakan kebutuhan khusus itu betul-betul dijaga atau ditangani secara khusus agar mereka dapat fokus baik dalam perkembangannya atau kegiataan yang dilakukannya.

Anak Berkebutuhan Khusus

Mereka Punya Trik Unik Sendiri…

Sebelum melakukan proses belajar mengajar sebaiknya melakukan pendekataan atau diskusi kepada orang tuanya terlebih  dahulu, anak yang berkebutuhan khusus mempunyai trik belajar caranya anak belajar melalui bermain sambil ditemani juga bermain ataupun melalui bernyanyi atau mengulang ulang apa yang diucapkan.

Anak kebutuhan khusus itu sangat lugu dikarenakan mereka belum mengetahui lebih jauh apa yang meraka suka atau tidak tetapi anak istimewa ini sangat senang ketika bermain atau dikejar saat belajar dan anak istimewa ini akan kembali normal tetapi butuh proses yang begitu panjang agar kembali seperti anak yang lainnya tetapi itupun dukungan orang tua paling penting . Banyak tantangan yang dihadapinya mereka lambat merespon dan cara bicaranya sulit untuk dimengerti tetapi ketika mengajarkan harus betul betul sabar.

Intinya, anak-anak berkebutuhan khusus adalah makhluk ciptaan Allah Subhanahu Wa Ta’ala yang juga memiliki hak yang sama dengan kita. Mereka berhak untuk dicintai, mereka berhak untuk diberi pendidikan yang layak, mereka berhak diperlakukan dengan baik, mereka berhak merasa bahagia. Mereka mungkin sedikit berbeda, tapi mereka anak-anak yang hebat.

Baca Artikel Lainnya

Ananda SDIT Al Fatih

SIT Al Fatih Makassar, Merahkan Ratulangi!

Sekolah Islam Terpadu (SIT) Al Fatih Makassar melaksanakan pawai kemerdekaan serentak hari ini, Rabu (15/8). Rute pertama dilalui oleh rombongan unit SDIT,SMPIT

Subscribe to our Newsletter

Dapatkan beragam artikel inspirasi, info kegiatan dan agenda sekolah kami  langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan raih kesuksesan bersama kami!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top