Tentang Penulis

Our Tweet

Kisah Nabi Adam yang Terbakar Matahari dan Keutamaan Puasa Ayyamul Bidh

Bagikan Artikel Ini Jika Bermanfaat
Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on email
Email

Alhamdulillah Umat islam telah melalui bulan syawal dimana diantara amalan sunnah seperti puasa syawal akan mendapatkan ganjaran pahala dari Allah Subhanahu Wa Ta’ala, tetapi bukan hanya di bulan syawal. Tepatnya bulan qamariyah ada puasa Ayyamul Bidh.

Menjalankan puasa ayyamul bidh sendiri dikerjakan pada tanggal 13, 14, 15 di bulan qamariah dalam kalender hijriah. Melakukan amalan ini memiliki keutamaan pahala seperti puasa sebulan penuh.

“Sungguh, cukup bagimu berpuasa selama tiga hari dalam setiap bulan, sebab kamu akan menerima sepuluh kali lipat pada setiap kebaikan yang Kaulakukan. Karena itu, maka puasa ayyamul bidh sama dengan berpuasa setahun penuh.”

Ternyata, dibalik puasa ayyamul bidh ada kaitannya dengan kisah Nabi Adam ‘Alaihissalam saat diturunkan ke bumi.

Kisah Nabi Adam yang Terbakar Matahari dan Keutamaan Puasa Ayyamul Bidh

Dinukil dari Kitab Umdatul Qari’Syarhu Shahihil Bukhari, sebab dinamai ‘ayyamul bidh‘ adalah riwayat Ibnu Abbas RA, disebutkan ketika Nabi Adam AS diturunkan ke muka bumi, matahari membakarnya sehingga tubuhnya menjadi hitam. Allah Subhanahu Wa Ta’ala kemudian mewahyukan kepadanya untuk berpuasa pada ayyamul bidh (hari-hari putih); ‘Berpuasalah engkau pada hari-hari putih (ayyamul bidh)’. Lantas Nabi Adam ‘Alaihissalam pun melakukan puasa pada hari pertama, maka sepertiga anggota tubuhnya menjadi putih. Ketika beliau melakukan puasa pada hari kedua, sepertiga anggota yang lain menjadi putih. Dan pada hari ketiga, sisa sepertiga anggota badannya yang lain menjadi putih.”

Itu tadi kisah dibalik puasa ayyamul bidh, semoga Allah Subhanahu Wa Ta’ala terus memberikan kita semangat untuk memperkaya diri dengan ilmu.

Wallahu a’lam bisshawab

Baca Artikel Lainnya

Super Camp Pramuka SDIT Al Fatih Makassar

Super Camp Pramuka SDIT Al Fatih Makassar

“Jika anda ingin berjalan cepat, berjalanlah sendirian. Tetapi jika anda ingin berjalan jauh maka berjalanlah bersama-sama” Lugas Ust Agus Salim, Pembina Pramuka

Subscribe to our Newsletter

Dapatkan beragam artikel inspirasi, info kegiatan dan agenda sekolah kami  langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan raih kesuksesan bersama kami!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×

Ahlan Wa Sahlan

di SIT Al Fatih Makassar! Silakan chat dengan Customer Assistance Officer kami untuk memulai obrolan. Anda juga bisa meninggalkan pesan di email kami

info@alfatihmakassar.sch.id

× Kontak Kami
Scroll to Top