Pentingnya Peran Ayah Mendidik Anak

Dr. Adnan Dalam Menyampaikan Materi Peran Ayah Mendidik Anak

Yuk Bagikan Tulisan Ini

Share on facebook
Share on pinterest
Share on twitter
Share on email
Share on whatsapp
Share on telegram

Kekuatan keimanan anak itu adalah tugas ayah yang menanamkannya

Hal tersebut disampaikan oleh dr Adnan Ibrahim, S.p.PD dalam materinya peran orang tua dalam membentuk sikap dan mental anak dalam menghadapi era revolusi industri 4.0. Seminar parenting tersebut diselenggarakan oleh SMA IT Al Fatih Makassar, Sabtu 2/3. Bertempat di Aula SIT Al Fatih, seminar parenting ini menghadirkan orang tua siswa dan peserta umum.

Orang tua tak akan bisa menciptakan lingkungan keluarga yang kondusif jika tumbuh kembang anak hanya di serahkan kepada ibu. Adnan menjelaskan peran Ayah bahkan mampu mengambil jatah lebih, dalam segala aspek. Semisal penanaman aqidah dan akhlak.

“Pendidikan shalat yang diajarkan oleh ayah akan lebih mengena kepada anak dibandikan oleh ibu,” ungkapnya.

Bukan tanpa sebab, Adnan melanjutkan secara psikologis karakater seorang bapak yang lebih berterus terang dibandingkan ibu yang penuh dengan narasi, anak lebih mengerti dengan nasehat yang berterus terang. Pesan yang disampaikan lebih teringat dalam alam bawah sadar anak.

Dalam materinya, Ketua Yayasan Muhammad Al Fatih Makassar tersebut juga menyampaikan bahwa Ayah penting menjadi teman bagi anaknya.

“Jangan melulu menanyakan pelajaran di sekolah, karena anak akan menjadi musuh kita,” lugasnya.

Sesekali saat jam kantor sedang tidak padat, ajaklah anak jalan-jalan bersama. Ajak menonton film kesukaannya, dan mulailah berdialog tentang apa yang sedang dirasakannya saat ini. Buatlah anak nyaman sambil menceritakan segala hal yang sedang dihadapinya.

Melalui dialog santai, anak akan menjadi teman. Anak tidak akan merasa tertekan dan pada akhirnya anak akan berdiskusi dalam setiap pengambilan keputusannya. Alhasil orang tua akan mengetahui setiap hal yang anak-anak mereka lakukan. Anak akan merasa nyaman dan akan terhindar dari kekacauan pergaulan.


@astrikhaer

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Subscribe To Our Newsletter

Get updates and learn from the best

Artikel Lainnya

Parent-Teacher Conference (PTC) SMP SMA IT Al Fatih Makassar “Membangun Sinergi untuk Membentuk Generasi Unggul Mulai dari Keluarga Qur’ani”
Kabar SMA

Membangun Sinergi untuk Membentuk Generasi Unggul Mulai dari Keluarga Qur’ani

Memasuki semester genap tahun ajaran 2020/2021 dalam rangka menjalin dan meningkatkan silaturahmi antara pihak sekolah, orang tua, dan  Ananda di tengah pandemi Covid-19, SMP SMA IT Al Fatih Makassar menggelar pertemuan orang tua yang disebut  Parent-Teacher Conference  (PTC).  Pertemuan ini diadakan pada Sabtu, 23 Januari 2021 dengan tema “Membangun Sinergi untuk Membentuk Generasi Unggul Mulai

Anies Baswedan
Blog Guru

Hari Guru: Ketua Yayasan Muhammad Al Fatih Makassar Bertemu dengan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan

Ketua yayasan Muhamamad Al Fatih, Peni Setyowati hari ini (Rabu/25/11/20) bertemu dengan mantan Menteri Pendidikan, Anies Baswedan. Pertemuan hari ini mendiskusikan tentang pendidikan. Dalam pertemuan tersebut, Ketua Yayasan Muhammad Al Fatih menyampaikan salah satu pondasi utama SIT Al Fatih dalam mendidik adalah care. Anies Baswedan dalam diskusinya juga menyatakan rasa kepeduliannya dengan pendidikan di Indonesia.

Ber-Ikhtiar mempersiapkan diri secara dini dan holistik di Sekolah Islam Terpadu Al Fatih

Pendaftaran Peserta Didik Baru Online

Sekolah Islam Terpadu Al Fatih Makassar jenjang Daycare-TK-SD-SMP-SMA kembali membuka Penerimaan Peserta Didik Baru untuk tahun 2021/2022 mulai Bulan November 2020 hingga Mei 2021

Foto Kalender TKIT Al Fatih
Scroll to Top
×

Ahlan Wa Sahlan

di SIT Al Fatih Makassar! Silakan chat dengan Customer Assistance Officer kami untuk memulai obrolan. Anda juga bisa meninggalkan pesan di email kami

info@alfatihmakassar.sch.id

× Kontak Kami