Tentang Penulis

Our Tweet

Pentingnya Peran Ayah Mendidik Anak

Bagikan Artikel Ini Jika Bermanfaat
Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on email
Email

Kekuatan keimanan anak itu adalah tugas ayah yang menanamkannya

Hal tersebut disampaikan oleh dr Adnan Ibrahim, S.p.PD dalam materinya peran orang tua dalam membentuk sikap dan mental anak dalam menghadapi era revolusi industri 4.0. Seminar parenting tersebut diselenggarakan oleh SMA IT Al Fatih Makassar, Sabtu 2/3. Bertempat di Aula SIT Al Fatih, seminar parenting ini menghadirkan orang tua siswa dan peserta umum.

Orang tua tak akan bisa menciptakan lingkungan keluarga yang kondusif jika tumbuh kembang anak hanya di serahkan kepada ibu. Adnan menjelaskan peran Ayah bahkan mampu mengambil jatah lebih, dalam segala aspek. Semisal penanaman aqidah dan akhlak.

“Pendidikan shalat yang diajarkan oleh ayah akan lebih mengena kepada anak dibandikan oleh ibu,” ungkapnya.

Bukan tanpa sebab, Adnan melanjutkan secara psikologis karakater seorang bapak yang lebih berterus terang dibandingkan ibu yang penuh dengan narasi, anak lebih mengerti dengan nasehat yang berterus terang. Pesan yang disampaikan lebih teringat dalam alam bawah sadar anak.

Dalam materinya, Ketua Yayasan Muhammad Al Fatih Makassar tersebut juga menyampaikan bahwa Ayah penting menjadi teman bagi anaknya.

“Jangan melulu menanyakan pelajaran di sekolah, karena anak akan menjadi musuh kita,” lugasnya.

Sesekali saat jam kantor sedang tidak padat, ajaklah anak jalan-jalan bersama. Ajak menonton film kesukaannya, dan mulailah berdialog tentang apa yang sedang dirasakannya saat ini. Buatlah anak nyaman sambil menceritakan segala hal yang sedang dihadapinya.

Melalui dialog santai, anak akan menjadi teman. Anak tidak akan merasa tertekan dan pada akhirnya anak akan berdiskusi dalam setiap pengambilan keputusannya. Alhasil orang tua akan mengetahui setiap hal yang anak-anak mereka lakukan. Anak akan merasa nyaman dan akan terhindar dari kekacauan pergaulan.


@astrikhaer

Baca Artikel Lainnya

TKIT Al Fatih Raih Akreditasi A di Tahun Kedua

[vc_row css=”.vc_custom_1537363459631{padding-top: 1px !important;padding-bottom: 1px !important;}”][vc_column][vc_column_text]Masih seumur jagung. TKIT Al Fatih Makassar kini memasuki tahun ajaran kedua, sejak didirikan 2017 lalu. Namun,

Desain Banner PPDB Online Sekolah Islam

Tips Memilih Sekolah Untuk Buah Hati

Zaman Old, sekolah disebut ‘Rumah Sekolah’. Jika kita memilih jalur  sekolah untuk pendidikan anak maka  sebuah keniscayaan bahwa sekolah adalah rumah kedua

Download Format Surat PSD gratis

Baru! Format Kop Surat Al Fatih 2019

Tahun ajaran baru, musim baru, desain dan tampilan baru. Tidak hanya Website Al Fatih saja yang mengalami remake dari segi desain dan

Subscribe to our Newsletter

Dapatkan beragam artikel inspirasi, info kegiatan dan agenda sekolah kami  langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan raih kesuksesan bersama kami!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top