SMPIT AL Fatih: Sahabat Yes, Bully No Way!! Saya Islam, Saya Membawa Manfaat

Yuk Bagikan Tulisan Ini

Share on facebook
Share on pinterest
Share on twitter
Share on email
Share on whatsapp
Share on telegram

SMP Islam Terpadu Al Fatih Makassar, kembali mengadakan kegiatan Mabit (Malam Bina Iman dan Taqwa) pada tanggal 16-17 Februari 2019 di Aula lantai 1 SIT Al Fatih Makassar. Kegiatan mabit kali ini mengangkat sebuah tema yang cukup ciamik bagi para usia remaja dalam kesehariannya, yakni “Sahabat Yes, Bully No Way!! Saya Islam, Saya Membawa Manfaat”

Berlangsung selama 2 hari dengan memberikan pembekalan kepada peserta didik bahwa “Bully/Bullying adalah suatu tindakan atau perilaku yang dilakukan dengan cara menyakiti dalam bentuk fisik, verbal atau emosional/psikologis oleh seseorang atau kelompok yang merasa lebih kuat kepada korban yang lebih lemah fisik ataupun mental secara berulang-ulang tanpa ada perlawanan dengan tujuan membuat korban menderita atau tidak nyaman.

Nah, secara istilah bullying berasal dari bahasa Inggris, yaitu “bull” yang berarti banteng. Sedangkan secara etimologi, kata “bully” berarti penggertak, orang yang mengganggu yang lemah. Singkatnya, perilaku bullying melibatkan kekuatan dan kekuasaan yang tidak seimbang, sehingga korbannya berada dalam keadaan tidak mampu mempertahankan diri secara efektif untuk melawan dari pengaruh tindakan negatif yang diterimanya.

Berbagai referensi yang ada, menggambarkan bahwa Bullying ini, memiliki pengaruh secara jangka panjang dan jangka pendek terhadap korban bullying. Pengaruh jangka pendeknya adalah depresi karena mengalami penindasan, menurunnya minat untuk mengerjakan tugas-tugas sekolah yang diberikan oleh guru, dan menurunnya minat untuk mengikuti kegiatan sekolah. Sedangkan akibat yang ditimbulkan dalam jangka panjang dari penindasan ini seperti mengalami kesulitan dalam menjalin hubungan baik terhadap lawan jenis, selalu memiliki kecemasan akan perlakuan yang tidak menyenangkan dari teman-teman sebayanya.

Dalam mentranformasikan pemahaman ini, SMPIT Al Fatih Makassar menghadirkan Ketua Yayasan, Dr. Adnan Ibrahim, Sp.PD sebagai pemateri. Tidak hanya menyampaikan cakupan materinya tentang bullying, tetapi juga melatih ananda untuk bisa percaya diri agar tidak dapat perlakuan pembullyan dari teman-temannya. Disamping materi tentang bully dan pemberian semangat untuk membangkitkan kepercayaan diri kepada ananda, turut pula disambangi oleh Direktur SDM SIT Al Fatih Makassar yakni Peni Setyowati, S.Si, M.Si sebagai pembawa materi yang berkaitan dengan upaya pemberantasan bullying di sekolah.

Setelah rangkaian kegiatan ini, dibentuk sebuah Tim Anti Bully dan langsung dilantik pula oleh Direktur SDM SIT Al Fatih yakni Peni Setyowati, S.Si, M.Si, di mana Tim tersebut diketuai oleh Muh. Dafa Aliqa dan beranggotakan 8 orang diantaranya; Fath Rezky Aysar Asta (Wakil Ketua), Aidil Fikriansyahbana (Sekretaris), Diana Rezkita (Bendahara), Muh. Farhan (Koordinator Umum), Muh. Rangga (Divisi Kekerasan Fisik), Muh. Putra Subandari (Divisi Verbal), Muh. Fauzan Ukkas (Divisi Sosial), dan Muh. Faiz Naji (Divisi Finansial); selama periode 2019/2020.

“Semoga, dengan terselenggarakannya acara mabit ini dan terbentuknya Tim Anti Bully ini, bisa memberikan perubahan yang besar bagi siswa/i dan membantu kami dari tim guru untuk bisa menghilangkan perilaku bully di sekolah tercinta kita ini” tungkas Khadijah (Guru SMPIT Al Fatih Makassar).

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Subscribe To Our Newsletter

Get updates and learn from the best

Artikel Lainnya

Parent-Teacher Conference (PTC) SMP SMA IT Al Fatih Makassar “Membangun Sinergi untuk Membentuk Generasi Unggul Mulai dari Keluarga Qur’ani”
Kabar SMA

Membangun Sinergi untuk Membentuk Generasi Unggul Mulai dari Keluarga Qur’ani

Memasuki semester genap tahun ajaran 2020/2021 dalam rangka menjalin dan meningkatkan silaturahmi antara pihak sekolah, orang tua, dan  Ananda di tengah pandemi Covid-19, SMP SMA IT Al Fatih Makassar menggelar pertemuan orang tua yang disebut  Parent-Teacher Conference  (PTC).  Pertemuan ini diadakan pada Sabtu, 23 Januari 2021 dengan tema “Membangun Sinergi untuk Membentuk Generasi Unggul Mulai

Anies Baswedan
Blog Guru

Hari Guru: Ketua Yayasan Muhammad Al Fatih Makassar Bertemu dengan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan

Ketua yayasan Muhamamad Al Fatih, Peni Setyowati hari ini (Rabu/25/11/20) bertemu dengan mantan Menteri Pendidikan, Anies Baswedan. Pertemuan hari ini mendiskusikan tentang pendidikan. Dalam pertemuan tersebut, Ketua Yayasan Muhammad Al Fatih menyampaikan salah satu pondasi utama SIT Al Fatih dalam mendidik adalah care. Anies Baswedan dalam diskusinya juga menyatakan rasa kepeduliannya dengan pendidikan di Indonesia.

Ber-Ikhtiar mempersiapkan diri secara dini dan holistik di Sekolah Islam Terpadu Al Fatih

Pendaftaran Peserta Didik Baru Online

Sekolah Islam Terpadu Al Fatih Makassar jenjang Daycare-TK-SD-SMP-SMA kembali membuka Penerimaan Peserta Didik Baru untuk tahun 2021/2022 mulai Bulan November 2020 hingga Mei 2021

Foto Kalender TKIT Al Fatih
Scroll to Top
×

Ahlan Wa Sahlan

di SIT Al Fatih Makassar! Silakan chat dengan Customer Assistance Officer kami untuk memulai obrolan. Anda juga bisa meninggalkan pesan di email kami

info@alfatihmakassar.sch.id

× Kontak Kami