Tantangan Guru Masa Depan

Guru TKIT Al Fatih Ikuti Ujian Kompetensi

Yuk Bagikan Tulisan Ini

Share on facebook
Share on pinterest
Share on twitter
Share on email
Share on whatsapp
Share on telegram

Seiring berjalannya waktu, semakin cepat pula kemajuan manusia. Termasuk dengan perkembangan teknologi yang bergerak dengan begitu cepat. Saat ini, teknologi memberikan manfaat yang baik dalam proses pendidikan. Termasuk membantu guru untuk dapat memberikan pembelajaran yang lebih baik. Namun, tantangan guru masa depan tentu akan menjadi lebih besar. Apa saja tantangan tersebut? Berikut kami ulas secara lengkap hanya untuk anda.

Kemajuan teknologi memberikan pengaruh yang begitu tinggi. Sektor pendidikan harus lebih berinovasi untuk dapat menerapkan kualitas terbaiknya. Terutama, untuk mempersiapkan industri 4.0 yang sedang berkembang saat ini. Di Indonesia sendiri, sumber daya manusia akan menjadi hal yang lebih diutamakan saat ini. Karena, pangsa internasional menuntut manusia yang lebih berkualitas. Inilah beberapa tantangan guru masa depan yang harus di pahami bersama.

Selain melakukan pengajaran, guru memiliki tanggung jawab yang besar dalam kualitas pendidikan anak bangsa.

Persaingan Pasar Internasional

Saat ini, Indonesia sudah termasuk dalam negara ASEAN yang harus meningkatkan kualitas manusianya. Masyarakat Indonesia harus memiliki ketrampilan serta kualitas yang lebih unggul dari banyak sisi. Dari mana hal tersebut bisa di mulai? Ya, proses pendidikan melalui peran guru.

Disinilah, peran guru akan ikut serta untuk mensukseskan anak bangsa bersaing di pasar Internasional. Semakin berjalannya waktu, akan lebih mudah saling bertukar posisi ataupun pekerjaan dengan bangsa lainnya. Jadi, sudah harus di siapkan sejak hari ini.

Revolusi Industri 4.0

Era digitalisasi saat ini sudah masuk dan berkembang dengan cukup baik. Bahkan, untuk penggunaanya saja sudah dipakai dalam sehari-hari. Kedepan, Industri digital akan lebih dominan dan minatnya menjadi lebih banyak. Terutama untuk menghasilkan Internet of Things. Peluang pendidikan hadir sebagai solusi untuk menghadapi era kedepannya.

Sangat penting, agar para guru dapat memberikan pengalaman ataupun ilmu mengenai digitalisasi. Serta, pihak sekolah dapat memberikan ruang bagi para siswa agar bisa mempelajari hal tersebut. Tentu, masyarakat Indonesia tidak ingin menjadi manusia buta internet bukan? Untuk itu, manfaatkan waktu yang ada dan mulailah dari sekarang untuk mengenalkannya.

Berkembangnya Generasi Muda

Memasuki tahun ini, jumlah penduduk yang usia muda di Indonesia berkisar 40% dari total masyarakat. Hal ini membuktikan bahwa perkembangan dari generasi muda berjalan dengan sangat cepat. Karenanya, para guru akan di hadapkan bagaimana menangani perilaku dan karakter yang berbeda.

Memberikan pembelajaran kepada usia muda di era sekarang tentu berbeda pada zaman dahulu. Modernisasi menuntut para guru agar bisa lebih berinovasi dan memberikan pembelajaran yang menarik. Dengan begitu, para siswa akan menjadi paham akan materi yang di sampaikan.

Peningkatan Sumber Daya Manusia

Untuk menghasilkan anak bangsa yang memiliki kualitas terbaik tentu tidaklah mudah. Hal ini merupakan tantangan yang diberikan kepada guru. Jika ingin menjadikan Indonesia bangsa yang besar,maka kualitas manusia harus lebih di tingkatkan. Karena, bangsa yang besar bukan perihal jumlah penduduk ataupun luas wilayah.

Namun, justru kualitas dari manusia yang ada. Dengan manusia yang unggul,maka dapat menciptakan kemajuan dalam negera. Hal seperti ini masih terus di tingkatkan sampai saat ini. Kedepan, peran guru akan menjadi lebih dominan agar tercipta manusia yang lebih berkualitas tinggi.  

Begitulah tantangan guru masa depan yang akan di hadapi. Sudah seharusnya, dari semua pihak ikut serta dalam membantu guru untuk menciptakan kualitas pendidikan yang lebih baik. Termasuk dari siswa yang seharusnya lebih memahami kondisi ini. Untuk itu, jadikan tantangan pendidikan ini sebagai acuan untuk dapat melangkah lebih tinggi lagi !

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Subscribe To Our Newsletter

Get updates and learn from the best

Artikel Lainnya

Parent-Teacher Conference (PTC) SMP SMA IT Al Fatih Makassar “Membangun Sinergi untuk Membentuk Generasi Unggul Mulai dari Keluarga Qur’ani”
Kabar SMA

Membangun Sinergi untuk Membentuk Generasi Unggul Mulai dari Keluarga Qur’ani

Memasuki semester genap tahun ajaran 2020/2021 dalam rangka menjalin dan meningkatkan silaturahmi antara pihak sekolah, orang tua, dan  Ananda di tengah pandemi Covid-19, SMP SMA IT Al Fatih Makassar menggelar pertemuan orang tua yang disebut  Parent-Teacher Conference  (PTC).  Pertemuan ini diadakan pada Sabtu, 23 Januari 2021 dengan tema “Membangun Sinergi untuk Membentuk Generasi Unggul Mulai

Anies Baswedan
Blog Guru

Hari Guru: Ketua Yayasan Muhammad Al Fatih Makassar Bertemu dengan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan

Ketua yayasan Muhamamad Al Fatih, Peni Setyowati hari ini (Rabu/25/11/20) bertemu dengan mantan Menteri Pendidikan, Anies Baswedan. Pertemuan hari ini mendiskusikan tentang pendidikan. Dalam pertemuan tersebut, Ketua Yayasan Muhammad Al Fatih menyampaikan salah satu pondasi utama SIT Al Fatih dalam mendidik adalah care. Anies Baswedan dalam diskusinya juga menyatakan rasa kepeduliannya dengan pendidikan di Indonesia.

Ber-Ikhtiar mempersiapkan diri secara dini dan holistik di Sekolah Islam Terpadu Al Fatih

Pendaftaran Peserta Didik Baru Online

Sekolah Islam Terpadu Al Fatih Makassar jenjang Daycare-TK-SD-SMP-SMA kembali membuka Penerimaan Peserta Didik Baru untuk tahun 2021/2022 mulai Bulan November 2020 hingga Mei 2021

Foto Kalender TKIT Al Fatih
Scroll to Top
×

Ahlan Wa Sahlan

di SIT Al Fatih Makassar! Silakan chat dengan Customer Assistance Officer kami untuk memulai obrolan. Anda juga bisa meninggalkan pesan di email kami

info@alfatihmakassar.sch.id

× Kontak Kami