Tentang Penulis

Our Tweet

Tantangan Guru Masa Depan

Bagikan Artikel Ini Jika Bermanfaat
Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on email
Email

Seiring berjalannya waktu, semakin cepat pula kemajuan manusia. Termasuk dengan perkembangan teknologi yang bergerak dengan begitu cepat. Saat ini, teknologi memberikan manfaat yang baik dalam proses pendidikan. Termasuk membantu guru untuk dapat memberikan pembelajaran yang lebih baik. Namun, tantangan guru masa depan tentu akan menjadi lebih besar. Apa saja tantangan tersebut? Berikut kami ulas secara lengkap hanya untuk anda.

Kemajuan teknologi memberikan pengaruh yang begitu tinggi. Sektor pendidikan harus lebih berinovasi untuk dapat menerapkan kualitas terbaiknya. Terutama, untuk mempersiapkan industri 4.0 yang sedang berkembang saat ini. Di Indonesia sendiri, sumber daya manusia akan menjadi hal yang lebih diutamakan saat ini. Karena, pangsa internasional menuntut manusia yang lebih berkualitas. Inilah beberapa tantangan guru masa depan yang harus di pahami bersama.

Selain melakukan pengajaran, guru memiliki tanggung jawab yang besar dalam kualitas pendidikan anak bangsa.

Persaingan Pasar Internasional

Saat ini, Indonesia sudah termasuk dalam negara ASEAN yang harus meningkatkan kualitas manusianya. Masyarakat Indonesia harus memiliki ketrampilan serta kualitas yang lebih unggul dari banyak sisi. Dari mana hal tersebut bisa di mulai? Ya, proses pendidikan melalui peran guru.

Disinilah, peran guru akan ikut serta untuk mensukseskan anak bangsa bersaing di pasar Internasional. Semakin berjalannya waktu, akan lebih mudah saling bertukar posisi ataupun pekerjaan dengan bangsa lainnya. Jadi, sudah harus di siapkan sejak hari ini.

Revolusi Industri 4.0

Era digitalisasi saat ini sudah masuk dan berkembang dengan cukup baik. Bahkan, untuk penggunaanya saja sudah dipakai dalam sehari-hari. Kedepan, Industri digital akan lebih dominan dan minatnya menjadi lebih banyak. Terutama untuk menghasilkan Internet of Things. Peluang pendidikan hadir sebagai solusi untuk menghadapi era kedepannya.

Sangat penting, agar para guru dapat memberikan pengalaman ataupun ilmu mengenai digitalisasi. Serta, pihak sekolah dapat memberikan ruang bagi para siswa agar bisa mempelajari hal tersebut. Tentu, masyarakat Indonesia tidak ingin menjadi manusia buta internet bukan? Untuk itu, manfaatkan waktu yang ada dan mulailah dari sekarang untuk mengenalkannya.

Berkembangnya Generasi Muda

Memasuki tahun ini, jumlah penduduk yang usia muda di Indonesia berkisar 40% dari total masyarakat. Hal ini membuktikan bahwa perkembangan dari generasi muda berjalan dengan sangat cepat. Karenanya, para guru akan di hadapkan bagaimana menangani perilaku dan karakter yang berbeda.

Memberikan pembelajaran kepada usia muda di era sekarang tentu berbeda pada zaman dahulu. Modernisasi menuntut para guru agar bisa lebih berinovasi dan memberikan pembelajaran yang menarik. Dengan begitu, para siswa akan menjadi paham akan materi yang di sampaikan.

Peningkatan Sumber Daya Manusia

Untuk menghasilkan anak bangsa yang memiliki kualitas terbaik tentu tidaklah mudah. Hal ini merupakan tantangan yang diberikan kepada guru. Jika ingin menjadikan Indonesia bangsa yang besar,maka kualitas manusia harus lebih di tingkatkan. Karena, bangsa yang besar bukan perihal jumlah penduduk ataupun luas wilayah.

Namun, justru kualitas dari manusia yang ada. Dengan manusia yang unggul,maka dapat menciptakan kemajuan dalam negera. Hal seperti ini masih terus di tingkatkan sampai saat ini. Kedepan, peran guru akan menjadi lebih dominan agar tercipta manusia yang lebih berkualitas tinggi.  

Begitulah tantangan guru masa depan yang akan di hadapi. Sudah seharusnya, dari semua pihak ikut serta dalam membantu guru untuk menciptakan kualitas pendidikan yang lebih baik. Termasuk dari siswa yang seharusnya lebih memahami kondisi ini. Untuk itu, jadikan tantangan pendidikan ini sebagai acuan untuk dapat melangkah lebih tinggi lagi !

Baca Artikel Lainnya

Anjang Sini di Al Fatih Makassar

Berseragam baju olahraga kuning hijau, sekitar 100 siswa TK Aisyiyah Mamajang meramaikan kegiatan anjang sini di SDIT Al Fatih Makassar (Sabtu, 24/3/2018).

Subscribe to our Newsletter

Dapatkan beragam artikel inspirasi, info kegiatan dan agenda sekolah kami  langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan raih kesuksesan bersama kami!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top