Tentang Penulis

Our Tweet

Tips Memilih Sekolah Untuk Buah Hati

Bagikan Artikel Ini Jika Bermanfaat
Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on email
Email

Zaman Old, sekolah disebut ‘Rumah Sekolah’. Jika kita memilih jalur  sekolah untuk pendidikan anak maka  sebuah keniscayaan bahwa sekolah adalah rumah kedua bagi buah hati kita setelah rumah keluarganya. Di Rumah Sekolah, selama bilangan tahun bahkan belasan tahun seorang anak ditempa untuk menjadi ‘sebuah bentuk’ masa depannya.  Baik atau buruk hasilnya sangat dipengaruhi pada pendidikan di rumah dan di sekolah.

Orang tua yang bijak tentunya perlu selektif, teliti, hati-hati dan harus benar-benar yakin bahwa sebuah lembaga pendidikan pilihannya adalah tempat yang tepat menjadi rumah kedua bagi putera-puterinya. Memilih sekolah untuk buah hati berarti juga memilih lingkungan yang akan membina, mengasah dan mengasuh semua aspek potensi anak. Potensi jasad, akal, dan ruhnya akan  terbentuk di sini.

Rasulullah Shallallahu Alaihi Wa Sallam pernah berpesan : “Perhatikanlah anak anakmu dan didiklah mereka dengan baik”. (HR.Ibnu Majah). Bagi sebuah keluarga, anak adalah karunia yang luar biasa dari Allah. Seorang ayah maupun ibu akan mengerahkan seluruh tenaga, harta dan fikirannya untuk memberikan yang terbaik buat buah hatinya. Termasuk dalam hal memilihkan sekolah buat mereka.

Pilihan sekolah sekarang ini sungguh beragam dan variatif. Mulai sekolah negeri, swasta berbasis agama, sekolah internasional atau pun sekolah yang menawarkan ciri khas tertentu. Mulai yang gratis sampai biaya  selangit, tinggal menyesuikan dengan kondisi keuangan keluarga.

Lalu bagaimana agar orang tua dapat memilih sekolah yang baik bagi dunia dan akhirat anaknya dan juga keluarganya?

Pastikan niat hanyalah untuk meraih keselamatan di dunia dan akhirat. Sebagaimana firman Allah..

Hai orang-orang beriman peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka…

Tepis jauh-jauh jika pilihan yang  disebabkan karena gengsi dan pandangan orang lain tentang sebuah sekolah akan meningkatkan prestise keluarga.

1. Kenali Visi Misi Sekolah

Pastikan buah hati anda aqidahnya terjaga dengan baik. Hal ini dapat diketahui dengan melihat visi dari sebuah sekolah. Visi ini sebagai gambaran ke arah mana buah hati kita akan diarahkan untuk masa depannya. Contoh visi yang baik Membentuk Generasi Unggul Berkarakter Qur’ani” . Visi tersebut menggambarkan bahwa peserta didiknya dididik secara holistik.

Desain Banner PPDB Online Sekolah Islam

2. Tetapkan Visi Kita Sebagai Orang Tua Dalam Menyekolahkan Anak.

       Orang tua, harus menetapkan visi dalam menyekolahkan anak. Saat anak sekolah, hal apa yang ingin dicapai. Sebagai muslim tentunya semua orang tua menginginkan  anak tak sekadar cerdas secara akademik. Tetapi juga memiliki pemahaman keislaman yang benar dan mampu menerapkan karakter karakter keislaman. Jadi, jika visi orang tua tak sekadar akademik, carilah sekolah yang telah didesain memadukan akademik dan spiritual anak.

Ujian Berbasis Komputer

3. Cari tahu apa karakteristik sekolah

       Sekolah yang unggul akan memiliki ciri / karakterisrik sendiri. Seperti : apakah sekolah tersebut menggunakan metode Fun Learning, Daily English, implementasi pendidikan karakter dan Tahfidz Quran.

Dr. Adnan Dalam Menyampaikan Materi Peran Ayah Mendidik Anak

4. Bagaimana Kualitas Pendidik

Sebagai muslim, Kenali Track record terkait aqidah, akhlak dan ibadahnya. Care terhadap murid dan berakhlak islami. Guru yang baik adalah yang mampu mengajar dengan hati dan mampu menjadi teladan buat anak anak dengan keindahan akhlaknya. Ini sangat penting karena setengah dari hari yang dimiliki anak  akan dihabiskan bersama gurunya.

5. Fasilitas Sekolah Yang Aman dan Nyaman

       Sekolah tidak perlu mewah, tetapi yang perlu diperhatikan adalah fasilitas sekolah aman untuk anak, rapi dan bersih. Jangan terkecoh memilih sekolah karena nama besar dan tampilan fisiknya semata. Tetaplah menelisik sekolah pilihan anda.

6. Budaya Sekolah

       Yang tak boleh terlupa dalam memilih sekolah adalah lihat kemampuan sekolah dalam  menerapkan budaya / kebiasaan kebiasaan yang baik seperti :    Mengedepankan akhlak islami, Akademik yang bagus, disiplin waktu, bersih, care, english speaking, green school dan innovative.

Guru Tidak Boleh Alergi Teknologi

7. Jangan Lupakan Do’a

        Senjata muslim yang terampuh adalah doa. Mohonlah pada Allah agar Allah memilihkan sekolah terbaik untuk ananda ananda.

Bismillah

Allahumma

Ya Allah

Ya Rabbi

Yang Maha Mengetahui segalanya dan Maha menentukan segalanya

Semoga ananda Engkau ridhoi mendapatkan sekolah yang terbaik menurutMU

Sekolah yang dapat membawa lebih dekat pada kebaikan masa depan dan masa akhirat ananda

“Ya Tuhan kami, anugrahkanlah kepada kami isteri-isteri kami dan keturunan kami sebagai penyenang hati (kami) dan jadikanlah kami pemimpin bagi orang-orang yang bertakwa” (QS. Al Furqan:25)

Aamiin Yaa Rabbal Aalamiin

~norirahmawati|sittiaisyah

Baca Artikel Lainnya

SIT Al Fatih, Hari Pertama Sekolah

SIT Al Fatih Makassar resmi membuka tahun ajaran 2018-2019 besok, Senin (16/7/18). 430 siswa akan memadati gedung SIT Al Fatih Makassar yang

Subscribe to our Newsletter

Dapatkan beragam artikel inspirasi, info kegiatan dan agenda sekolah kami  langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan raih kesuksesan bersama kami!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×

Ahlan Wa Sahlan

di SIT Al Fatih Makassar! Silakan chat dengan Customer Assistance Officer kami untuk memulai obrolan. Anda juga bisa meninggalkan pesan di email kami

info@alfatihmakassar.sch.id

× Kontak Kami
Scroll to Top